Hello Kitty
Hello Kitty
(ハローキティ Harōkiti?) adalah nama untuk sebuah karakter yang didesain oleh perusahaan Jepang, Sanrio.
Hello Kitty yang memiliki nama lengkap Kitty White adalah personifikasi dari kucing berwarna putih dengan ciri khas pita atau hiasan
lainnya di daun telinga sebelah kiri dan mulut yang tidak digambar.
Hello Kitty pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1974.
Hak cipta Hello Kitty didaftarkan pada tahun
1976 dan sekarang merupakan merek dagang di
seluruh dunia. Pada waktu pertama kali diperkenalkan, target utama pemasaran
Hello Kitty adalah anak perempuan, tapi sekarang penggemar Hello Kitty terdiri
dari wanita maupun pria dari berbagai kalangan usia.
Di Jepang, penggemar berat dan kolektor
Hello Kitty disebut Kitty-ra. Pada tahun 2004, barang-barang Hello Kitty
menembus pasar lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Karakter Hello Kitty
sudah merupakan subkultur yang mewakili
budaya Jepang.
Produk Hello Kitty
Barang-barang berlabel Hello Kitty dipasarkan untuk semua benda
yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari alat tulis, makanan hingga komputer pribadi dan sepeda, dengan pengecualian untuk sake
dan rokok yang tidak akan pernah dibuat. Perusahaan
hanya mengizinkan Hello Kitty ditampilkan dalam produk minuman beralkohol
ringan (soft liquor) dan alat perlengkapan merokok (pemantik
api dan pipa rokok). Produk anggur Hello Kitty (Kitty Wine) dan pemantik api Zippo
dijual pada peringatan ulang tahun ke-30 Hello Kitty pada tahun 2004.
Setiap tahunnya, Hello Kitty juga tampil dalam produk anggur Beaujolais-Villages
Nouveau yang diimpor khusus untuk konsumsi dalam negeri Jepang.
Hello Kitty mempunyai produk eksklusif yang dijual dalam jumlah
terbatas, mulai dari perhiasan emas berlian dan patung Kitty dari berlian hingga gitar
elektrik Fender dan mobil
(Mitsubishi Princess Kitty). Di Jepang juga
dipasarkan robot yang dipanggil Hello
KittyROBO.
Sejarah
Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang bernama
Shimizu Ikuko pada tahun 1974 yang merupakan tahun
kelahiran resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai
pada bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty
pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse dengan
harga 240 yen. Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi
memiliki dompet Puchi Purse sampai mendapat sumbangan sebuah dompet Puchi
Purse dari seorang kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor perusahaan.
Dompet Puchi Purse kemudian dibuat replikanya dan dijual sebagai barang
dalam jumlah terbatas.
Karakter dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 sampai tahun
1975 belum diberi nama. Pada dompet Puchi Purse yang merupakan produk
pertama hanya tertulis kata "Hello!" (tanpa tulisan
"Kitty"). Pada awalnya orang Jepang mengenal karakter Kitty White
sebagai "kucing putih tidak bernama," sampai akhirnya perusahaan
memberi nama "Kitty" yang diambil dari nama kucing berbulu putih yang
tampil dalam cerita Alice
di Negeri Kaca (Through the Looking-Glass) oleh Lewis Carroll. Pada mulanya Kitty White tidak
memiliki nama keluarga atau nama keluarganya tidak diumumkan, "White"
sebagai nama keluarga baru ditambahkan di kemudian hari.
Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk
dan baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.
Pada tahun 1996, Hello Kitty kembali menjadi populer secara
mendadak di kalangan siswa putri sekolah menengah pertama dan sekolah menengah
berkat penyanyi Jepang yang populer pada saat itu Kahara
Tomomi mengaku sebagai penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu
acara televisi.
Di Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di
sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer generasi kedua digantikan oleh
Yamaguchi Yūko yang masih memegang posisi desainer hingga sekarang. Penampilan
karakter Kitty selalu diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty
berbeda-beda setiap pergantian musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran
dan melakukan berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat
dipertahankan.
Penelitian mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di Jepang
pada tahun 1996 belum pernah dilakukan orang, sehingga
mungkin saja Hello Kitty kembali populer berkat jasa Kahara
Tomomi atau mungkin juga Hello Kitty sudah lebih dulu populer tapi
beritanya tidak diangkat oleh media massa. Dalam pernyataannya pada tahun 1997,
direktur perusahaan Sanrio pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali populer di
Jepang berkat Kahara Tomomi.
Pada tahun 2004, Kitty menjabat sebagai "teman khusus
anak-anak" di UNICEF hingga tanggal 1 November 2004).
Selain itu, Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama
pada tahun 1983 (UNICEF America Junior Ambassador) dan yang
kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.
Di Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi populer pada akhir tahun
1990-an berkat beberapa orang selebritis seperti Mariah Carey yang menggunakan Hello Kitty
sebagai gaya busana. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan untuk pasar
swalayan Target.
Ricky Martin, Cameron Diaz, Heidi Klum, Steven Tyler, Carmen Electra, Mandy Moore, Raven-Symoné, hingga Paris Hilton dan Nicky Hilton semuanya pernah terlihat
menggunakan barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb
merupakan penggemar berat Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello
Lisa yang dipersembahkan kepada Hello Kitty.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar